A.
Biografi
Harry Stack Sullivan lahir di suatu daerah pertanian dekat Norwich,
New York pada tanggal 21 Pebruari 1892 dan meninggal pada tanggal 14 januari
1949 di Paris, Perancis. Dia merupakan salah satu tokoh yang ikut melengkapi
teori psikoanalisis dengan pandangan psikologi sosial. Sullivan dalam teorinya
tentang hubungan-hubungan antar pribadi semakin mengukuhkan teori kepribadian
yang berlandaskan proses-proses sosial. Kontribusi utama Sullivan terhadap
teori interpersonal adalah pemikirannya akan tahap perkembangan.
B.
Teori yang dikembangkan
Sullivan adalah pencipta pandangan baru yang terkenal dengan nama interpersonal
theory of psychiatry. Ajaran pokok teori ini dalam berhubungan dengan teori
kepribadian ialah bahwa kepribadian merupakan “pola yang relative menetap dalam
situasi-situasi antar pribadi yang berulang yang menjadi ciri kehidupan seorang
manusia”. Sullivan berpendapat bahwa sama sekali tidak ada gunanya berbicara
tentang individu sebagai objek penelitian karena individu sama sekali tidak
terpisahkan dari hubungan dengan orang lain.
Terminology teori yang dikembangkan oleh Sullivan adalah:
Ketegangan
Adalah
potensi tindakan yang mungkin atau tidak mungkin dialami dalam kesadaran, oleh
karena itu ketegangan tidak selalu dirasakan secara sadar. Ketegangan ada dua,
yaitu kebutuhan dan kecemasan.
Kebutuhan
Adalah
ketegangan yang dibawa oleh ketidakseimbangan biologis antara seseorang dengan
lingkungan fisiokimia baik di dalam maupun luar organisme.
Kecemasan
Kecemasan
ditransfer dari orang tua ke anak melalui proses empati. Kecemasan pada
seseorang yang keibuan mau tidak mau menyebabkan kecemasan pada ibu. Kecemasan
merupakan kekuatan pengganggu utama yang menghambat perkembangan hubungan
interpersonal yang sehat.
Sedangkan
karakter kepribadian diantaranya:
Personifikasi
Personifikasi
berkembang sejak bayi. Sullivan digambarkan tiga personifikasi dasar yang
berkembang selama masa bayi, ibu yang buruk, ibu yang baik, dan individu.
Sebagai tambahan, sebagian anak memperoleh personifikasi eidetic (teman
khayalan) selama masa kanak-kanak.
Adapun
tahapan perkembangan kepribadian adalah:
Ø Infancy. (0-12 bulan)
Ø Childhood. (1-5 tahun)
Ø Juvenille. (6-8 tahun)
Ø Pre adolescence (9-12 tahun)
Ø Early adolescence (13-17 tahun)
Ø Late adolescence (18-22/23 tahun)
Ø Adulthood/Maturity (>23 tahun)
C.
Pandangan terhadap teori yang dikembangkan
Walaupun Sullivan menolak setiap doktrin insting yang ketat, namun
dia mengakui pentingnya hereditas dengan memberikan kapasitas-kapasitas
tertentu, terutama kapasitas untuk menerima dan mengolah pengalaman-pengalaman.
Metode asosiasi bebas yang dikembangkan oleh Sullivan hanya bisa
diterapkan pada orang normal saja sehingga tidak bisa diterapkan pada orang
yang menderita skizofrenia.
D.
Daftar Pustaka
Feist & Feist. (2013). Teori Kepribadian.
Jakarta:Salemba Humanika.
S. Hill, Calvin &
Gardner Lindzey. (1993). TEORI-TEORI PSIKODINAMIKA (KLINIS). Yogyakarta:Kanisius.
S. Hill, Calvin & Gardner Lindzey. (1993). TEORI-TEORI
HOLISTIK (ORGANISME-FENOMENOLOGIS). Yogyakarta:Kanisius.
izin copas y
BalasHapusmonggo
BalasHapussilahkan di kritisi juga