Senin, 21 Mei 2012

Sejarah Singkat Syekh Abdul Qohar Ngampel Ghading Blora


Penulis akan mempublikasikan sejarah singkat salah seorang Waliyullah Blora dengan bahasa asli (jawa) berdasarkan pada kitab rujukan yang berbahasa arab pegon karangan K. Sa'id Hadi
Dalam penulisan sejarah ini akan dipublikasikan secara bertahap dan akhirnya akan dialihbahasakan secara lengkap

SEJARAH RINGKAS
Kacarita wonten setunggale buku, nalika zaman tahun 1511 ing negara bintara/demak jawa tengah wonten raden ingkang asminipun Raden Trenggono. Kagungan putra istri ingkang dipun garwa kaliyan Raden Jaka Tingkir (putra bupati Pengking) daerah solo pajang ingkang asma raden Hadiwijaya. Raden Jaka Tingkir kagungan putra asmane SUmAhadiningrat-sumahadiningrat kagungan putra asmane Sumahadinegara-sumahadinegara kagungan putra 3:
  1. Nyai ageng malduwut ringkel tuban
  2. Mbah buyut abdul qohar, ngampel belora
  3. Mbah Abdullah Mutamakin kajen Pati
Riwayat perjuangan mbah abdul qohar milai taksih nem, pendamelane ngelana dhateng pundi-pundi pulau pados ilmu lan ugi nyiar-nyiarake agami islam dipun sarengi kalayan panjenenganipun mbah jamat ingkang sakmangke dipun sareake dating sak kilenipun dusun JATIMALANG, pernah sak wetanipun dusun ngampel lan santri-santri ingkang sak mangke dipun sareaken dateng Mantingan Rembang.(bagian 1)

13 komentar:

  1. Assalamu’alaikum saudara…
    Maaf sebelumnya, perkenalkan nama saya Muhammad Zainul Arifin, saya berasal dari blora dan saya tertarik dengan blok anda yang membahas Sejarah Singkat Syekh Abdul Qohar Ngampel Ghading Blora, dan saya ingin menanyakan kepada anda mengenai sisilah dan keturunannya dari syaikh Abdul Qohar tersebut jika anda tidak keberatan dan kalaupun anda mengetahuinya….
    Karena sosok beliau membuat saya penasaran hingga sekarang ini dan siapa saja keturunan dari beliau… mohon penjelasannya

    BalasHapus
  2. wa'alaikumussalam warohmatullah,
    sebelumnya terimakasih atas tanggapannya mas arifin
    untuk penjabaran lebih lanjut akan kami posting pasa bagian selanjutnya,
    mohon maaf tidak dapat memposting dalam waktu dekat karena kami memerlukan tashih dari alih bahasa yang kami lakukan karena sumber utama yang kami punya berasal dari bahasa jawa kuna dengan tulisan pegon,
    demikian harap maklum adanya :)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum. Perkenalkan nama saya Faiq Tobroni. Kebetulan, saya adalah menantu dari keturunan ke 10 mbah Ahmad Mizan Margotuhu, Margoyoso, Pati (Putra Abdul Qohhar yang makamnya di Ngampel-Blora). Sudah lama saya mecari buku yang menjelaskan silsilah mbah Mizan dan Mbah Abdul Qohhar. Saya berharap saya bisa mengcopy buku karangan Mbah K. Sa'id Hadi tersebut.
    Untuk masalah teknis penggandaan dan pengirimannya, saya mohon kita bisa berkomunikasi lebih lanjut lewat HP atau email. ini HP saya 085602028356 atau email faiqttobroni@gmail.com
    Saya tunggu balasannya dan semoga menjadi amal panjenengan.

    BalasHapus
  4. alaikumusalam warahmatullah bapak Faiq Tobroni, mohon maaf baru bisa menanggapi komentar panjenengan,
    buku yang menjadi rujukan kami menuliskan blog sejarah Syekh Abdul Qohar Blora saat ini sudah dalam bentuk yang tidak memungkinkan untuk dicopy karena kertas buku tersebut sudah banyak yang rusak, pun begitu dengan tulisannya, tidak sedikit yang memudar, namun jika panjenengan berkenan untuk mendapatkan sejarah beliau yang termaktub dalam buku tersebut, insya allah akan kami posting di blog kami ini
    untuk isi insya allah sesuai dengan buku aslinya
    terima kasih

    BalasHapus
  5. salam rahayu....
    ingin menyamakan frekuensi yg ada.sya ada buku silsilah dr turun menurun keluarga sya.disni ada nama kyai abdul qohar bloro yg akan sya kutip silisilahnya.
    mbah abdul qohar bin raden dawud bin kyai muhammad bejagung bin nyai payuran binti sunan ampel bin ibrohim askoro qondi.
    dlm manuskrip tulisan arab pegon.
    wa allahu a'alam bis showab.
    afwan

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    ada yang punya silsilah keturunan mbah abdul qohar?
    saya insya allah ada jalur ke mbh qohar, namun saya tidak mengetahui sejarah silsilah keturunan mbah abdul qohar.
    tujuan saya mudah2an bisa menjalin silaturrohmi dg keluarga.
    bila ada ini wnmr saya 082331636777.

    Syukron katsir
    wassalamualaikum
    burhanudin tuban

    BalasHapus
  7. Assalamuallaikum.... apa ada yg bisa menerangkan penyebaran keturunan dari mbah Abdul Qohar.? Karna sy ingin tau apa ada keturunanya di kerawang, di tegal, dan di pemalang ada jalur keturunan dari mbah syeh abdul Qohar.? Soalnya keluarga besar sy meyakini masih dekat dengan keturunan mbah syeh abdul Qhohar..
    Menurut cerita orang tua sy mbah Qhohar berasal dari Bagdad Irak apa betul.? Trmaks sebelumnya.

    BalasHapus
  8. nyuwun sewu.tangklet.mbah abdul qohar garwane sinten?kagungan putro pinten?sinten sedoyo.wonten margotuhu kec margotoso kab pati wonten makam mbah mizan .ceritane mbah mizan meniko putrane mbah abdul kohar.pripun niku?

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Kulo saking menganti gresik. Ten dusun kulo wonten makam sepuh. Insya allah namine mbah sanggrok( mbah asrof) beberapa kali sowan poro kiai mengatakan mbah sanggrok putra mbah qohar bluro.
    Nyuwon keterangan nasab anak cucu mbah abd qohar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engge leres kang niku putrane, mbah asrof gada putra mbah bahar, mbah bahar gada putra mbah suyuthi pasuruan, ledug,

      Hapus
  10. Alhamdulillah , menurut sejarah kami sekeluarga keturunan ke 7 dr mbah abdul qohar😌 subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenengan pundi kang, saking yugone sng sinten, kulo saking pasuruan, suyuthi nur salim binti bahar binti asrof binti abdul qohar, mbah suyuthi niku embah kulo, sedo thn 70 ing yuswa 220 thn

      Hapus
  11. lahir dan wafatnya syekh Abdul kohar

    BalasHapus